Dandim 0510/Tigaraksa sambut Kunker KASAD di Food Estate Palasari

KODAM JAYA | Tigaraksa
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI DR Dudung Abdurachman beserta rombongan disambut langsung oleh Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Achiruddin. S.E., M.Han saat melakukan kunjungan ke Kawasan Food Estate Kodim 0510/Trs Korem 052/Wkr di Desa Serdang Wetan, Jl Raya Curug Palasari Desa Serdang Wetan Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Kamis (01/12/2022).

Kunjungan Kasad dalam rangka “Percepatan Penurunan Stunting”, di wilayah Korem 052/Wkr yang berada di wilayah teritorial Kodim 0510/Trs di Ds Serdang Wetan, Kec Legok, Kab Tangerang.

Pada kunjungan tersebut, Danrem 052/Wkr juga mendampingi Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiarto melihat langsung Kawasan Food Estate sekaligus penebaran bibit ikan, penanaman pohon, dan juga melakukan panen ikan lele dan Nila. Selain itu, Kasad juga menyerahkan langsung bantuan dan makanan bergizi kepada balita stunting.

Sebelumnya, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Achiruddin menyampaikan bahwa, kehadiran Kasad di kawasan Food Estate Korem 052/Wkr, merupakan kehormatan dan kebanggaan yang tidak ternilai.

“Keberadaan Kawasan Food Estate Korem 052/Wkr, dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah, karena pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap manusia.” ujarnya.

Dijelaskan Danrem bahwa, Korem 052/Wkr dalam pemberdayaan wilayah pertahanan, melaksanakan pembinaan wilayah dengan membina seluruh potensi Geo, Demo dan Komsos yang menjadi satu kekuatan utuh dalam pertahanan negara. Karenanya, Korem 052/Wkr akan terus memberdayakan seluruh potensi masyarakat di kewilayahan dengan memanfaatkan dan mengolah lahan-lahan kosong menjadi kawasan Food Estate berbasis Hortikultura yang ramah lingkungan, berdaya saing, dan modern.

“Di kawasan ini, semua dilakukan secara terintegrasi, mencakup bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Ini dilaksanakan sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan Perintah Harian Kasad yang ke 5 yaitu TNI harus hadir ditengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” terang Danrem.

Baca Juga  Kapolres Aceh Timur Akan Membangun Rumah Untuk Kartini

Danrem juga menjelaskan, Kawasan Food Estate digarap di lahan seluas 3,7 Ha, dimana 1,5 Ha di tanam padi, 2,2 Ha ditanam tanaman produktif, seperti pohon Mangga, Kedondong, Matalada Bunga, Kelengkeng, Alpukat, Sunkis, Sawo, Nanas buah, dan durian.

“Sebagian lahan, untuk ternak hewan seperti sapi, kambing dan juga untuk penggemuk dan breeding serta lahan 400 M² untuk kandang bebek peking dan juga ada kerambah ikan mas, lele, nila dan gurami. Disisi lain, kita juga melibatkan kelompok-kelompok tani (Poktan) yang ada di wilayah Jajaran Korem 052/Wkr, yang berjumlah 1.000 orang.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Danrem 052/Wkr menyampaikan, program percepatan penurunan stunting di wilayah Korem 052/Wkr. Alhamdulillah, kita telah berkoordinasi dengan Dinkes, BKKBN Kab. Tangerang dan Tangerang Selatan, serta BKKBN Provinsi Banten terkait stunting pada anak-anak.

“Untuk mendukung percepatan penurunan stunting serta pencapaian Visi Indonesia Emas 2045 maka Korem 052/Wkr beserta jajaran menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting. Dan kedepannya semoga akan lebih banyak lagi personel jajaran Korem 052/Wkr yang menjadi orang tua asuh stunting sesuai dengan kriteria yang ditentukan.” jelas Danrem.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kasad kembali menegaskan bahwa, TNI selalu ada di tengah-tengah masyarakat, untuk memberikan solusi dan memberikan dampak positif dimanapun berada.

“Sesuai perintah Presiden tentang dampak ekonomi, beliau meminta agar TNI dapat membantu masyarakat didalam kesulitan ini, karena selama masa pandemi, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, salah satunya PHK dan lainnya.” jelas Kasad.

Untuk itu, kata Kasad, menambahkan, TNI turun gunung dan ada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu ditengah kesulitan masyarakat, karena TNI dari Rakyat, Untuk Rakyat dan Kembali Ke Rakyat.

Baca Juga  Kapolres Aceh Timur Himbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Untuk prajurit TNI, kata Kasad, TNI harus mencintai Rakyat, untuk itu, hasil dari kawasan Food Estate ini, sebagian diberikan kepada masyarakat sekitarnya sehingga dapat dirasakan masyarakat manfaatnya, baik itu hasil pertanian, perikanan dan peternakannya..

“Harapan saya kepada masyarakat mari kita saling bergandeng tangan dan bekerjasama karena kita adalah negara besar dan luas. Karenanya, masyarakat jangan terpancing isu atau informasi yang tidak jelas. Mari kita berdoa agar negara ini aman, nyaman dan makmur, tidak perlu mendiskreditkan atau menjelek – jelekkan pemerintah. Mari kita dukung pemerintah untuk terus membangun negeri ini.” tutup Kasad.

Sementara ditempat terpisah Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar menyampaikan Alhamdulillah dengan adanya lahan food estate di Desa Palasari ini terlihat sekali meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar setelah bergabung dengan Poktani Kodim Tigaraksa ini.

“Dengan hadirnya Bapak KASAD hari ini, menjadi motivasi kuat para poktani dan TNI untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dalam mengelola pertanian, peternakan serta perikanannya Hingga kelak mempunyai daya saing jual yang tinggi.” Tandas Dandim. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *