Cek Fermentasi BIOS 44 di Sejumlah Rumah Tanaman Kodim 0619/Purwakarta

PURWAKARTA | Dalam rangka sosialisasi dan pengecekan fermentasi BIOS 44 di sejumlah lokasi tanaman pangan, perkebunan dan perikanan untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kodim 0619/Purwakarta.

Dalam kunjungannya, tim BIOS, langsung melaksanakan pengecekan hasil Fermentasi setelah 14 hari Bios 44 DC dirumah Bios 44 Makodim 0619/Purwakarta sebanyak 4000 Liter oleh team BIOS Kodam III/Siliwangi.

“Sebelumnya, Fermentasi tersebut, dilakukan di sebuah drum 4.000 liter air kemudian dimasukkan Bioaktivator dan fermentator serta formulator selanjutnya diaduk. Kemudian dimasukkan gula merah 40 kg yang sudah dicairkan lalu diaduk. Setelah semuanya dimasukkan dan diaduk kemudian ditutup rapat ditunggu selama 14 hari. Setelah 14 hari maka Bios 44 DC bisa digunakan,” ujar Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Kasdim 0619/Purwakarta Mayor Arm Sulkhan Prakarsa yang didampingi oleh Damarjati dan Alfon Team Bios dari Kodam III/Siliwangi dirumah BIOS Makodim 0619/Purwakarta.

Mayor Arm Sulkhan Prakarsa, mengatakan untuk diaplikasikan tata cara penggunaan pupuk dan proses pembuatan yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun sasaran. Karena takaran dan campuran yang digunakan berbeda.

“Intinya kita menyesuaikan kebutuhan penggunaan, sesuai segmen memiliki takaran tertentu, sehingga jumlah pupuk yang masuk dapat seimbang dan tepat. Karena pada dasarnya BIOS 44 ini merupakan mikroorganisme yang memberikan manfaat atau keuntungan bagi induk inangnya, karena hasil kandungan Natrium 25%, Pospor 15%, Kalium 35%, dan menghasilkan PH -nya 6,5,” kata, Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menjelaskan kegiatan sosialisasi pemanfaatan dan aplikasi formula Bios 44 tindak lanjut pengembangan dimana formula Bios 44 dapat memberikan manfaat tidak hanya untuk mencegah, menanggulangi, dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Tetapi, bermanfaat untuk normalisasi lahan gambut.

Baca Juga  Polres Purwakarta Ungkap Lima Kasus Kejahatan Selama Dua Pekan

“Formula Bios 44 ini juga dapat digunakan pada sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan. Semuanya untuk meningkatkan produktivitas hasil pada masing-masing komoditi,” jelas, Mayor Arm Sulkhan Prakarsa di lokasi Demplot ketahanan pangan Kodim 0619/Purwakarta di Kp. Cibayawak Ds. Benteng Kec. Campaka Kab. Purwakarta.

Sementara itu sambung tim BIOS dari Kodam III Siliwangi Damarjati mengatakan, wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta, memiliki wilayah tepat dan sangat luas. Sehingga dengan diperkenalkannya formula Bios 44 ini diharapkan nantinya dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan yang banyak dikelola oleh masyarakat di wilayah Kodim 0619/Purwakarta.

“Kita lihat para peserta sosialisasi sangat antusias mengikuti dan mengaplikasikan formula Bios 44, mengingat di wilayah binaan Kodim 0619/Purwakarta sebagian besar merupakan daerah perkebunan, pertanian dan perikanan. Sehingga penerapan dan pengaplikasian formula Bios 44 sangat efektif dan ideal apabila diterapkan di wilayah ini,” katanya.

Kasdim 0619/Purwakarta, menambahkan, bahwa penggunaan BIOS 44 ini akan sangat memberikan manfaat yang besar terhadap petani. Karena BIOS 44 ini merupakan hasil riset jajaran TNI Angkatan Darat yang penggunaan awalnya adalah memperbaiki lahan yang tidak produktif menjadi produktif begitu pun dapat mengubah PH air.

“Formula Bios 44 juga dapat membawa perubahan dan terjadi peningkatan di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Setelah melaksanakan pengecekan ke rumah BIOS, dan sosialisasi di lokasi Demplot Han Pangan Kodim 0619/Purwakarta wilayah teritorial Koramil 1904/Campaka, dilanjutkan sosialisasi di lokasi Demplot hanpangan bioflok pembudidaya ikan Kodim 0619/Purwakarta wilayah teritorial Koramil 1902/Plered tepatnya di Kp. Cibuluh Rt 12/06 Ds. Citamiang Kec. Maniis Kab. Purwakarta. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *