Wujud Kepedulian Polri Terhadap Kaum Disabilitas di Hari Pahlawan

PURWAKARTA | Mewujudkan Quick Wins Kapolri Presisi, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta terus menunjukkan perhatiannya kepada semua elemen masyarakat.

Seperti yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Bojong dengan melakukan aksi menyentuh hati yakni Camping Ceria Bersama Disabilitas.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bojong, IPDA Budiman mengatakan kegiatan ini merupakan Camping Ceria Disabilitas merupakan wujud kepedulian Polri terhadap kaum disabilitas di Kabupaten Purwakarta. Hal ini sekaligus menjadi cara untuk memperkuat tali persaudaraan dengan keberagaman dan memupuk jiwa sosial dan lingkungan hidup.

“Kegiatan ini adalah sebuah terobosan kegiatan dunia pecinta alam, yang selama ini asyik sendiri dengan dunianya. Kali ini dengan mengajak kaum disabilitas diharapkan lebih mendorong kepedulian bahwa mereka juga punya hak yang sama untuk mencintai dan tentu melestarikan alam,” ucap pria yang akrab disapa Abah Budiman itu, pada Kamis, 10 November 2022.

Abah Budiman menambahkan, kegiatan ini juga dalam memperingati Hari Pahlawan yang Ke-77 dan upaya memberikan sedikit kebahagiaan bagi kaum disabilitas.

“Sesuai tema Hari Pahlawan tahun 2022 kali ini adalah Pahlawanku Teladanku, maka upaya mementingkan kebahagiaan terhadap orang lain khusus kaum disabilitas merupakan sifat dari seorang Pahlawan. Pasalnya, meneladani dan melestarikan spirit kepahlawanan merupakan tanggungjawab dan kewajiban bersama seluruh anak bangsa,” ucap Abah Budiman.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan camping yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi hidup, jiwa sosial serta pengaplikasian lingkungan hidup ini, menargetkan Polri dan kaum disabilitas serta masyarakat untuk terlibat di dalamnya.

“Bahasa simpelnya itu, yaitu camp yang dilaksanakan bersama Polri yang peduli kaum disabilitas. Karena tugas Polisi bukan hanya fokus kepada penegakan hukum, namun harus bisa menumbuhkan sisi humanis melalui gerakan Polisi Peduli termasuk kepada penyandang Disabilitas,” ujar Abah Budiman.

Baca Juga  Mengingat Curah Hujan Tinggi Babinsa Ajak Warga Jaga Kebersihan

Ia menegaskan bahwa Polsek Bojong akan terus mendukung kegiatan positif yang berkaitan dengan program kemanusiaan. Apalagi yang berhubungan dengan kaum disabilitas.

“Karena semua orang, termasuk penyandang disabilitas punya hak yang sama. Oleh karena itu, sesuai arahan pak Kapolres Purwakarta, kami akan berkomitmen akan terus memberikan dukungan dan memberikan bantuan untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh penyandang disabilitas,” ucap Abah Budiman.

Kapolsek menyebut, memberikan kebahagiaan terhadap orang lain khusus kaum disabilitas merupakan contoh nyata memaknai semangat pahlawan masa kini.

“Melalui kegiatan ini, selain meneladani para pahlawan, harapan saya agar kita lebih sadar lagi bahwasanya diluar sana ada saudara kita yang juga butuh perhatian dan butuh pemahaman bahwasanya kita semua setara,” harap Abah Budiman. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *