Program BIOS 44, Kodim 0619/Purwakarta Sulap Lahan Bekas Galian Menjadi Produktif

PURWAKARTA | Kodim 0619/Purwakarta mendapat kunjungan dari Direktur Utama PT Paranje Rizqi Cileuncang, Dony Miraza beserta tim, Selasa (8/11/2022).

Diketahui PT Paranje Rizqi Cileuncang merupakan produsen cairan bio organik BIOS 44 yang formulanya merupakan hasil riset TNI AD.

Adapun BIOS 44 merupakan paduan mikroorganisme yang berfungsi menormalisasi lahan yang rusak untuk kembali seperti semula.

Riset yang telah dilakukan, BIOS 44 dapat berfungsi mengembalikan tanah bekas tambang yang merupakan lahan terbengkalai menjadi lahan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini dibuktikan langsung oleh jajaran Kodim 0619/Purwakarta yang mengubah lahan bekas galian menjadi lahan produktif.

Adapun lahan yang dimaksud adalah lahan milik PT Abang Ijo Raharja yang berlokasi di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Di lahan bekas galian itu, Kodim 0619/Purwakarta bekerja sama dengan PT Abang Ijo Raharja mengaplikasikan BIOS 44 dan mengubah lahan tersebut menjadi Demplot Ketahanan Pangan Program BIOS 44.

Tak hanya itu, Kodim 0619/Purwakarta juga mengaplikasikan BIOS 44 pada Bioflok Ketahanan Pangan Program BIOS 44 bekerja sama dengan PLN Nusantara Power di Desa Citamiang, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi menyebutkan, sesuai instruksi Pangdam III/Siliwangi yang diteruskan kepada Korem 063/Sunan Gunung Jati, pihaknya mendukung program ketahanan pangan melalui penggunaan BIOS 44.

“Formula BIOS 44 bisa diaplikasikan di media tanah maupun air. Seperti di lahan bekas galian ini, kita ubah menjadi lahan produktif yang bisa ditanami,” kata Dandim.

Pun dengan petani ikan di wilayah Purwakarta, kata Dandim, bisa memanfaatkan BIOS 44 untuk Bioflok yang bisa memberikan nutrisi terhadap air maupun ikannya.

“BIOS 44 sudah dijual bebas, bisa dimanfaatkan para kelompok tani maupun perorangan. Kami memasarkannya melalui Koperasi Kodim 0619/Purwakarta dan terus disosialisasikan oleh Babinsa,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Purwakarta Gelar Gempungan, Babinsa Ciptakan Suasana Kondusif

Sementara itu Dony Miraza menyebutkan, BIOS 44 merupakan cairan bio organik yang bisa mengembalikan unsur hara tanah.

“Dengan menggunakan BIOS 44 sama dengan mengembalikan unsur hara tanah. Pun halnya dengan media air bisa mengembalikan mikroorganisme di air dan menjaga pH air,” ucap Dony.

Ke depan, lanjutnya, diharapkan BIOS 44 bisa digunakan oleh para petani dan masyarakat secara luas. “Sehingga, upaya program ketahanan pangan bisa berjalan dengan baik,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *