Antisipasi PMK, Kodim 0619 Bersama Pemda Purwakarta Galakkan Vaksinasi Pada Hewan

PURWAKARTA | Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan terus digalakkan oleh jajaran Pemkab Purwakarta bersama Kodim 0619/Purwakarta

Jajaran Kodim 0619/Purwakarta dari Koramil 1907/Bungursari mendampingi kegiatan vaksin hewan yang dilakukan oleh Tim Keswan Vaksinasi PMK dari Disnakan Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan vaksinasi dilakukan di Pasar Hewan Ingon-ingon Ciwareng Kampung Mulyasari RT.04 RW.03 Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao, Purwakarta.

Danramil 1907/Bungursari Kapten Arm Wahyu Widodo mengatakan program penyuntikan Vaksin pada hewan oleh dinas peternakan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyakit kuku dan mulut (PKM) terhadap hewan.

“Pelaksanaan vaksin PMK terhadap hewan ini akan terus digalakkan bersama Pemda Purwakarta karena Kodim 0619/Purwakarta mendapat tugas sebagai salah satu satgas PMK sehingga ini juga menjadi tanggung jawab kami,” jelas Wahyu.

Untuk itu, kami Kodim 0619 bersama Pemda Purwakarta mengantisipasi salah satu penyakit PMK dengan dilakukannya vaksin pada hewan ternak sapi dan kerbau, baik perorangan maupun secara kelompok.

“Hari ini kita lakukan pelaksanaan vaksinasi aftosa di pasar hewan ciwareng, dengan stok 600 dosis,” jelas Wahyu, Senin (7/11/2022).

Sambung Wahyu, Hewan yang divaksinasi PMK di Pasar Hewan berjumlah 384 ekor. dengan rincian 305 ekor Sapi dan 79 ekor Kerbau. Usai dilakukan vaksinasi terhadap hewan juga dilakukan penandaan terhadap hewan yang sudah divaksin.

“Dilakukannya penandaan terhadap hewan yang sudah divaksin itu sebagai pembeda agar bisa membedakan antara hewan yang sudah di vaksin dan yang belum di vaksin,” ujar Wahyu.

Upaya itu, Wahyu menyampaikan untuk meningkatkan dan mengantisipasi penyebaran virus PMK di hewan seperti sapi dan kerbau. (guh)

Baca Juga  Lengkapi Surat Kendaraan Anda, Selama 14 Hari Operasi Serentak Akan Digelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *