Mekarkeun Kurikulum Pengajaran Muatan Lokal Bahasa Sunda

PURWAKARTA | Perkembangan Kurikulum Bahasa Sunda harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan zaman serta kebutuhan. Penerapan kurikulum tersebut di sekolah harus mempunyai target di semua jenjang pendidikan dan disesuaikan dengan standar kompetensi yang ditetapkan.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada acara Sawala Atikan Dina Jejer: Mekarkeun Kurikulum Pengajaran Muatan Lokal Bahasa Sunda Kabupaten Purwakarta, di Bale Yudhistira, Rabu 02 November 2022.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada guru bahasa Sunda khususnya yang berada di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, bahwa bahasa Sunda dapat mengikuti alur perkembangannya di dunia pendidikan sesuai dengan kemajuan zaman.

“Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru tentang pembelajaran bahasa Sunda dan kaitannya dengan kurikulum muatan lokal, karena sejatinya guru merupakan tonggak utama pendidikan. Jika gurunya terampil dan kompeten, maka peserta didiknya pun akan lebih luwes dan senang dalam belajar,” ujar Ambu Anne.

Kata Ambu Anne, di era digitalisasi tantangan Guru Bahasa Sunda akan cukup sulit untuk menerapkan pelajaran bahasa Sunda, mengingat anak-anak sekarang lebih diajarkan orang tuanya ke bahasa Indonesia.

Menurutnya, bahasa Sunda sebagai bahasa ibu harus digalakkan di tengah-tengah masyarakat terutama bagi anak sekolah agar tidak lupa terhadap jati dirinya sebagai orang sunda, salah satunya adalah dengan terus mengaplikasikan menggunakan bahasa sunda dalam kegiatan aktivitas sehari-hari.

“Bahasa merupakan salah satu ciri identitas suatu bangsa. Oleh karena itu, wajar jika Dinas Pendidikan melalui MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kabupaten Purwakarta menggelar pertemuan ini sebagai pembahasan pengajaran bahasa Sunda dengan topik pengembangan kurikulum pengajaran muatan lokal bahasa Sunda Kabupaten Purwakarta dalam rangka merawat dan mengembangkan bahasa Sunda,” demikian Ambu Anne. (guh)

Baca Juga  Bupati Purwakarta Lantik 19 Pejabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *