Cuaca Tidak Menentu, Babinsa Koramil 1902/Plered Himbau Warga Binaan Jaga Pola Hidup

PURWAKARTA | Menyikapi musim yang tidak menentu, Babinsa Desa Sukahaji anggota Koramil 1902/Plered jajaran Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan Komunikasi sosial (Komsos) dengan warga Dk.Blaungan Kampung Sukasirna RT 02 RW 01 Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (01/11/2022).

Serda Suparman Babinsa Sukahaji, mengimbau kepada masyarakat binaan agar menjaga pola hidup, bersih dan sehat (HBS) agar terbebas dari penyakit dalam musim yang tidak menentu ini. Terkadang hujan terkadang panas.

“Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu masyarakat harus waspadai musim ini,” kata Serda Suparman.

Serda Suparman menjelaskan, penularan penyakit DBD sangat mungkin terjadi pada kawasan padat penduduk. “Selama ini, wilayah padat penduduk lebih sering terserang penyakit DBD. Karena nyamuk Aedes Aegypti mudah berkembang biak di kantong kantong air seperti kaleng bekas, ember bekas dan kantong air lainnya biasanya di pinggir rumah dan belakang rumah tempat penyimpanan barang yang sudah tidak terpakai,” terangnya.

Menurutnya, penularan penyakit DBD, ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejala penderita DBD diawali dengan demam yang naik turun dan terdapat bintik-bintik merah di tangan maupun di kaki bahkan di badan. Nyamuk jenis ini menyukai kondisi rumah yang lembab dan air yang bersih.

“DBD tidak hanya menyerang anak kecil saja melainkan orang dewasa. masyarakat harus meningkatkan kesadaran untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan rumah, sekolah dan di tempat kita bekerja,” pungkas, Serda Suparman. (**)

Baca Juga  Resiko Menggunakan Mobil Bak Terbuka Saat Berwisata, Satlantas Polres Purwakarta Imbau ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *