Cegah PMK, Babinsa Lakukan Monitoring dan Pendampingan Vaksinasi Terhadap Hewan

PURWAKARTA | Tindak lanjut instruksi Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi kepada para Babinsa se-wilayah Purwakarta dalam monitoring dan pendampingan vaksinasi terhadap hewan.

Monitoring dan pendampingan vaksinasi terhadap hewan tersebut sebagai langkah pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini sedang menyerang hewan khusus sapi, domba, kambing dan jenis lainnya.

Babinsa Desa Citeko Serma Ardiansyah Koramil 1902/Plered mendatangi pasar hewan di pasar Citeko UPTD Pasar Pemda Purwakarta, sebagai langkah pencegahan terkait penyakit PMK yang saat ini sedang melanda Indonesia.

Dalam giat tersebut, juga nampak terlihat dari Dinas Kanak, Dokter hewan dan para petugas lapangan serta kepala UPTD pasar hewan citeko yang ikut serta dalam monitoring vaksinasi hewan.

“Di Purwakarta, kita lakukan sesuatu dengan instruksi dan SOP kerja dalam menanggulangi penyakit PMK pada hewan,” ungkapnya, Kamis (27/10/2022)

Bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, sambung dia, diharapkan dapat menekan penyebaran PMK di kabupaten Purwakarta.

Dirinya juga memberikan himbauan kepada para pedagang maupun peternak agar selalu menjaga kesehatan hewan peliharaannya, terutama bagi pemeliharanya.

“Kita melakukan penyuluhan gejala-gejala PMK yang dapat merugikan para pedagang hewan dan peternak. Dengan memberikan himbauan maka diharapkan para peternak akan lebih memahami gejala-gejala PMK sehingga apabila terjadi hal demikian maka segera melaporkan ke petugas,” ucapnya.

Dirinya menyampaikan, bahwa saat ini di pasar hewan citeko telah dilakukan vaksinasi terhadap 300 ekor hewan dan penggunaan alat suntik sebanyak 100 spent dengan ketersediaan 400 dosis (botol). (guh)

Baca Juga  Himbauan Sebelum Mudik Lebaran Dari Kapolres Purwakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *