HUT TNI ke-77, Kodim 0619/Purwakarta Luncurkan Mesin MPTM-0619-SGJ Atasi Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA | Permasalahan tanaman liar Eceng Gondok di daerah danau Jatiluhur menjadi keluhan para pembudidaya ikan maupun warga masyarakat sekitar yang mengelola Kompepar, (kelompok penggerak pariwisata perahu). Akan tetapi ditangan seorang prajurit TNI dari Kodim 0619/Purwakarta, tanaman eceng gondok ini disulap menjadi pakan ikan.

Ditangan Peltu Geger Yudianto, tanaman tersebut diolah hingga menjadi pakan ikan dengan menggunakan mesin pembuat pakan ikan. Mesin tersebut diberi nama Mesin Pakan Ternak Mobile atau MPTM-0619-SGJ oleh penciptanya yaitu peltu Geger Yudianto.

Dengan adanya mesin tersebut, tumbuhan liar yang tumbuh di air itu menjadi nilai ekonomis. Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi menyebut mesin MPTM sangat praktis karena mudah untuk dibawa kemana saja.

“Tentu ini memberikan solusi atas permasalahan karakteristik di wilayah Koramil 1905/Jatiluhur. Dari mulai bisa menekan pengeluaran pembelian pakan oleh petani ikan sampai dengan pembersihan danau dari eceng gondok,” ujarnya, Rabu (05/10/2022).

Eceng Gondok ini populasinya sangat cepat, kata Dandim, Jadi dengan adanya mesin MPTM, setidaknya ada pengurangan eceng gondok dan diharapkan kedepan bisa meningkatkan nilai ekonomis.

Lanjut Dandim, Ini merupakan hadiah HUT TNI ke-77 kepada masyarakat Jatiluhur yang mengelola Kompepar, khususnya petani ikan, tentu dengan adanya alat ini diharapkan dapat meringankan beban para petani ikan dan kelompok penggerak pariwisata perahu di danau Jatiluhur.

“MPTM ini baru satu unit karena masih tahap awal uji coba. Sejauh ini pakan yang dihasilkan dari eceng gondok cukup baik dikonsumsi ikan,” ungkap Dandim.

Selain dari bahan eceng gondok, sambung dia, juga ditambahkan bahan fermentasi yang aman untuk ikan. Dandim juga mengapresiasi inovasi mesin MPTM tersebut.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dibuat untuk memberikan solusi atas persoalan selama ini yang dialami para petani dan warga sekitar Jatiluhur,” tandasnya. (guh)

Baca Juga  Wujud Kepedulian Polri Terhadap Kaum Disabilitas di Hari Pahlawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *