Polres Purwakarta Berlakukan Operasi Zebra Lodaya Hari ini hingga 16 Oktober

PURWAKARTA | Operasi Zebra Lodaya 2021 resmi diberlakukan Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta yang di mulai hari ini hingga 16 Oktober 2022 mendatang di Kabupaten Purwakarta.

Hal tersebut ditandai dengan apel gelar pasukan di Mapolres Purwakarta, pada Senin, 3 Oktober 2022. Apel itu dipimpin langsung oleh Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain yang diikuti jajaran Polres Purwakarta, unsur TNI, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Purwakarta.

Operasi Zebra 2022 mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltiblancar yang Presisi”. Kamseltiblancar adalah kepanjangan dari keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, ini merupakan operasi gabungan antara TNI, Polantas, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

Menurutnya, Operasi Zebra Lodaya 2022 akan diarahkan ke operasi yang lebih simpatik dan humanis.

“Operasi Zebra Lodaya 2022 pokoknya, yaitu berupaya menciptakan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas. Jadi tidak ada penindakan secara stasioner ataupun hunting, Kita lebih menghadirkan Polri yang humanis guna menciptakan Kamseltiblancar di wilayah Kabupaten Purwakarta,” ucap Edwar, saat ditemui usai apel gelar pasukan, pada Senin, 3 Oktober 2022.

Kapolres menambahkan, Operasi Zebra Lodaya 2022 ini juga masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19. Jadi, selain ajakan kepada masyarakat agar disiplin dalam berkendara, masyarakat juga diajak untuk selalu waspada terhadap penyebaran virus corona.

“Operasi Zebra Lodaya 2022 ini, mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri khususnya Polisi Lalu Lintas. Kedepankan sikap humanis dalam memberikan edukasi tertib berlalu lintas. Kegiatannya diarahkan pada pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat,” sebut Edwar.

Kapolres berpesan kepada anggota yang melaksanakan operasi zebra lodaya 2022 agar dalam pelaksanaannya melakukan kegiatan yang memberikan nilai positif kepada masyarakat.

Baca Juga  Kejaksaan Negeri Purwakarta Gelar Syukuran Hari Bhakti Adhyaksa Ke-36, Dandim 0619: Bravo Untuk Kejaksaan Negeri 

“Kepada anggota saya berpesan untuk bersikap humanis dan simpatik dalam melaksanakan tugas. Saya meminta para anggota untuk bertindak secara profesional. Perhatikan attitude anggota di lapangan. Tetap jaga sopan santun dan profesional. Hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogan, sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat,” Pesan Edwar.

Dengan adanya Operasi Zebra Lodaya 2022 ini, Kapolres berharap agar masyarakat bisa menjadi lebih tertib dalam berkendara.

“Tujuan dari operasi ini untuk meminimalisir pelanggaran kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat korban. Kepada masyarakat Purwakarta kami menghimbau untuk melengkapi surat-surat kendaraannya dan taati aturan lalu lintas serta tertib dalam berlalu lintas. Masyarakat agar tetap mematuhi setiap peraturan dalam berlalu lintas. Kemudian selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, baik keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” pungkas AKBP Edwar Zulkarnain. (pul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *