Sambut HUT TNI ke-77, Dandim 0619/Purwakarta Cegah Stunting dengan Baksos

PURWAKARTA | Dalam pelaksanaan bakti sosial yang diselenggarakan oleh kodim 0619/Purwakarta di Kampung Krajan Kelurahan Tegal Munjul Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi S.Sos,. M.Si menjenguk anak yang mengalami stunting.

“Saat saya membagikan sembako, saya menyempatkan untuk mengunjungi anak penderita stunting di kampung Krajan Kelurahan Tegal Munjul Kecamatan Purwakarta,” ujar Dandim usai memberikan sembako, Minggu (2/10/2022).

Kegiatan ini, kata dia, dalam rangka menyambut HUT TNI ke 77. Kita turun ke masyarakat karena TNI merupakan bagian dari Rakyat yang tak bisa dipisahkan. Dengan demikian kita tau keadaan rakyat kita di kampung-kampung.

“Kehadiran kita juga merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat, tak terkecuali terkait masalah kesehatan seperti stunting yang dialami oleh anak-anak saat ini. Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan juga dapat meringankan beban keluarga,” ungkapnya.

Dandim juga menyampaikan kepada masyarakat agar menjaga pola makan dan memberikan asupan gizi yang baik untuk anak-anak agar terhindar dari penyakit stunting.

“Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, bahwa stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah. (guh)

Baca Juga  Semangat Kebersamaan Bersihkan Sungai dalam Giat Karya Bakti 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *