Fenomena Global Berpengaruh Kepada Negara RI, Danramil 1907/Bgs Berikan Materi Bela Negara di STT Wastukancana

PURWAKARTA | Perkembangan geopolitik internasional berlangsung sangat cepat dan kompleks serta menghadirkan fenomena global, yang mempengaruhi gelombang perubahan di abad ke 21.

Fenomena global tersebut berpengaruh terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki karakteristik berupa rangkaian kepulauan nusantara dengan wilayah perairan, daratan dan udara yang terbentang sangat luas.

Dari sisi perta­hanan dan keamanan, perkembangan ter­sebut berimplikasi terhadap perubahan dan situasi keamanan yang sifatnya strategis ter­hadap NKRI, sehingga memerlukan bentuk pertahanan negara yang efektif dan berdaya tangkal tinggi.

Salah satu solusi jangka panjang menjaga keutuhan bangsa adalah memberikan pelajaran bagi generasi muda agar memahami pentingnya membela negara.

Untuk itu, Kapten Arm Wahyu Danramil 1907/Bungursari Kodim 0619/Purwakarta
mewakili Dandim 0619 mengisi materi pembinaan bela Negara di Sekolah Tinggi Teknologi ( STT) Wastukancana, Kampung Cikopak Rt.01 Rw.01 Desa Mulyamekar, Kec.Babakancikao, Kab.Purwakarta. Minggu (11/9/2022).

Danramil 1907/Bungursari Kapten Arm Wahyu menuturkan, kedaulatan dan keselamatan sege­nap bangsa, setiap negara membutuhkan fundamental ekonomi, budaya dan perta­hanan keamanan nasional yang kuat dan kokoh. Untuk itu solusinya adalah pembinaan kesadaran bela negara (PKBN).

“Pendidikan bela negara ini menjadi penting karena sudah merupakan kebu­tuhan legal secara hukum,” katanya.

Ia juga menyebut, strategi pertahanan negara Republik Indonesia adalah keikutsertaan seluruh warga negara Indonesia dalam upaya pertahanan negara dengan mendayagunakan segenap sumber daya nasional secara maksimal.

“Hal yang men­dasar dari pertahanan negara yang bersifat semesta adalah perlunya kesadaran bela negara dari seluruh warga negara dari semua lapisan masyarakat Indonesia,” ujar Danramil. (guh)

Baca Juga  Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Ketangguhan Masyarakat dalam Menghadapi Ancaman Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *