Kodim 0619/Purwakarta Ajak Semua Komponen Masyarakat Mengenal SISHANKAMRATA

PURWAKARTA | SISHANKAMRATA merupakan sistem yang disusun berdasarkan falsafah undang-undang dasar dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia.

Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA) merupakan sistem pertahanan yang dianut Indonesia dalam menjaga kedaulatan negara dari berbagai ancaman.

Komando Distrik Militer 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melaksanakan kegiatan Latihan Operasi Pertahanan Wilayah sekaligus memimpin Apel latihan tersebut selama dua hari, dengan melibatkan seluruh Komponen Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Senin dan Selasa, pada tanggal 29-30 Agustus 2022, di Lapang Karoya, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Pada kesempatan Apel itu, Dandim 0619/Purwakarta mengajak kepada semua Komponen Masyarakat untuk menjaga dari ancaman yang bisa datang dari luar dan dalam negeri dalam berbagai aspek kehidupan dalam bentuk militer dan non militer.

“Ancaman sangat berbahaya apabila tidak diatasi, sehingga harus dipilih strategi yang tepat. Strategi tersebut adalah menggunakan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata),” ucap Dandim.

Berkaitan dengan Purwakarta, kata Dandim, ada beberapa objek vital yang harus benar-benar dikuasai jangan sampai nantinya obyek vital tersebut dikuasai oleh musuh ataupun dikuasai oleh invasi dari luar maka dari itu semua komponen masyarakat harus diikutsertakan.

Kegiatan pelatihan operasi perlawanan wilayah ini seperti kita ketahui bersama, sambung Dandim, bahwa sistem pertahanan kita adalah sistem pertahanan rakyat semesta terkait dengan hal itu berarti apabila ada serangan dari luar apabila ada invasi dari luar berarti tidak hanya TNI tetapi seluruh komponen masyarakat juga harus ikut turut serta, dalam mempertahankan wilayah republik Indonesia.

“Ini sesuai dengan perintah dan program kerja Kodim 0619/Purwakarta untuk melaksanakan pelatihan bagaimana perlawanan wilayah khususnya di Purwakarta apabila memang benar-benar ada invasi dari negara luar yang masuk ke wilayah negara kesatuan republik Indonesia khususnya yang melintas ke wilayah Purwakarta,” tutupnya.

Baca Juga  HUT TNI ke-77, Jaga Kepercayaan Masyarakat "TNI Adalah Kita"

Kegiatan diikuti Anggota Kodim 0619 dan Polres Purwakarta, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub Purwakarta), Muspika Kecamatan Tegalwaru dan Masyarakat Purwakarta. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *