Pencuri Hewan Nyaris Dihakimi Warga Selamat Karena Ada Polisi

PURWAKARTA | Pelaku pencurian hewan ternak YN (34) Warga Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta nyaris hampir babak belur di hakimi warga, pada Selasa 19 Juli 2022 petang.

Beruntung nyawa pelaku bisa diselamatkan dengan datangnya Personil Gabungan Polres Purwakarta dan Polsek Wanayasa yang dipimpin langsung Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain yang saat itu tengah melakukan patroli.

“Saat lakukan patroli saya mendengar ada laporan telah diamankan seseorang diduga sebagai pencuri hewan ternak di Desa Taringgul Tengah, mengetahui hal tersebut saya dan tim langsung menuju lokasi kejadian,” ucap Kapolres, pada Rabu, 20 Juli 2022, dini hari.

Setibanya di lokasi, lanjut dia, banyak warga yang sudah berkumpul geram dengan aksi yang dilakukan terduga pelaku pencurian hewan ternak tersebut.

“Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 22.30 Wib, usai menerima laporan dari masyarakat terkait dengan tertangkapnya terduga pelaku pencurian hewan ternak,” kata Kapolres.

Sebelum dievakuasi, dirinya sempat bernegosiasi dengan warga yang sudah mulai beringas dan ingin menghakimi terduga pelaku pencurian hewan ternak tersebut. Kapolres mengakui kesulitan mengevakuasi tersangka karena jumlah massa yang kian bertambah.

“Setelah dilakukan negosiasi dengan warga dan dibantu tokoh masyarakat sekitar yang turun tangan untuk menenangkan massa agar tidak melakukan tindakan main hakim sendiri,” terangnya.

Petugas gabungan berhasil mengevakuasi pelaku berinisial YN dari kepungan ratusan warga sekitar yang hendak menghakiminya.

“Kami masih menyelidiki kasus pencurian hewan ternak ini dan tengah memeriksa terduga pelaku yang diamankan warga, saat ini kondisi warga sudah kondusif,” tambahnya.

Selanjutnya demi keamanan, lanjut Edwar, terduga pelaku pencurian hewan ternak tersebut dievakuasi ke Mapolres Purwakarta dan pihak Polsek Wanayasa melakukan penyelidikan terhadap kasus ini.

Baca Juga  Bejat Seorang Paman Tega Cabuli Ponakan

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perbuatan main hakim sendiri, jika ada hal atau kejadian serupa diharapkan untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwajib,” tutup AKBP Edwar Zulkarnain. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *