Ragam  

Hari Jadi Purwakarta Ke-54 Taman Air Mancur Sri Baduga Akan Dibuka, Ini Rangkaian Kegiatannya

PURWAKARTA | Menjelang Perayaan Hari Jadi Purwakarta ke-54 yang jatuh pada Rabu 20 Juli 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten Purwakarta memastikan segala fasilitas di kawasan wisata Taman Air Mancur Sri Baduga bisa berfungsi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta melakukan pengecekan sarana dan prasarana Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta, pada Jumat tanggal 27 Mei 2022 lalu.

Dalam press releasenya Ambu mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari persiapan peringatan Hari Jadi Purwakarta. “Kita masih belum menerapkan ticketing. Warga atau wisatawan masih dapat memasuki Taman Air Mancur Sri Baduga secara gratis,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, dengan kembali beroperasinya Taman Air Mancur Sri Baduga, diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Purwakarta sehingga mendorong peningkatan dan pertumbuhan para pelaku usaha di Kabupaten Purwakarta.

Sebagai informasi, pada 2022 Hari Jadi kabupaten Purwakarta memasuki usia ke-191. Sementara kota memasuki usia ke-54.

Peringatan Hari Jadi kali ini bertemakan “Purwakarta Festival 10. dengan sub tema “Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Kebangkitan Pariwisata dan Pelestarian Lingkungan Hidup”.

Rangkaiannya sudah dimulai minggu lalu pada tanggal 30 Mei 2022. Sedangkan untuk susunan acara dimulai pada hari ini Kamis, 2 Juni sampai 17 Agustus 2022 mendatang.

Bupati Purwakarta mengajak seluruh masyarakat Purwakarta untuk meramaikan acara tersebut. “Untuk warga luar kota Purwakarta yang mau ikut serta meramaikan acara hari jadi Purwakarta, dipersilahkan untuk datang ketempat acara dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” demikian Ambu Anne.

Sementara, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya, dipastikan Taman Air Mancur Sri Baduga akan berfungsi kembali seperti apa yang sudah di utarakan oleh Bupati.

Baca Juga  Perihal Kunker ke BKPSDM Komisi Satu Bahas Soal Mutasi ASN Pemkab Purwakarta

“Kami hanya mengoperasionalkan. Harapan saya dengan dibukanya Sri Baduga dapat menambah pemulihan perekonomian masyarakat Purwakarta dan menjadi momen kebangkitan pariwisata,” terangnya.

“Dibuka ya taman air mancur sri baduga tidak dikenakan tarif masih gratis dan insya Allah akan dibuka dari tanggal 16 Juli 2022,” jelas Kabid melalui pesan singkatnya, pada Kamis,(2/6/2022).

Masyarakat atau warga Purwakarta ataupun masyarakat di luar Purwakarta yang mau menyaksikan langsung acara peringatan Hari Jadi Purwakarta, simak rangkaian dan pelaksanaannya di bawah ini.

Berikut rangkaian kegiatannya:

SESI 1
1) Mitembeyan (Ziarah ke makam Baing Yusuf, dilanjutkan dzikir dan doa bersama)
2) Riung Mungpulung LVRI/DHC 45
3) Pawai Obor 1 Muharam (Tiap Kecamatan mengirimkan perwakilan)
4) Upacara HUT RI ke-77 dirangkaikan pengumuman lomba kebersihan

SESI 2
Apel Hari Jadi Kota/Kabupaten Purwakarta (Pengumuman dimulainya lomba hari lingkungan bersih (DLH)

SESI 3
Seba Nagri

SESI 4
1) Sidang Paripurna
2) Pasanggiri Pencak Silat (Tradisional)

SESI 5
1) Trial Adventure
2) Gowes Santuy Puser Dayeuh

SESI 6
1) Pawai Mobil Hias
2) Panjat Pinang
3) Jalan Santai Forkopimda
4) Lomba Masak dan Penyajian (PKK Darmawinata)

Itulah jadwal rangkaian hari jadi Kabupaten Purwakarta yang ke-191 dan Kota Purwakarta yang ke-54. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *