Markas Komando Polres Purwakarta di Serang, Begini Cara Penanganannya

PURWAKARTA | Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman keamanan baik di luar maupun didalam markas, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, menggelar simulasi kontijensi pengamanan Markas Komando (Mako), belum lama ini.

Dalam kegiatan yang langsung dipimpin Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto tersebut, melibatkan para personel dari masing-masing satuan seperti Sat Samapta, Sat Intelkam, Satreskrim, Satreskoba dan Satlantas.

AKBP Suhardi Hery Haryanto menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih responsif dan kesiapsiagaan anggota.

“Jadi pada kita laksanakan giat simulasi Kontijensi pengamanan Mako bertempat di Mapolres Purwakarta yang melibatkan para personel dari semua satuan,” ucap pria yang akrab disapa Hery itu, pada Kamis, 19 Mei 2022.

Hery menjelaskan, pihaknya harus mengantisipasi semua kemungkinan, mengingat perkembangan situasi dan kondisi Kamtibmas ini sangat dinamis.

“Tentu kita harus mengantisipasi semua kemungkinan, mengingat perkembangan situasi dan kondisi Kamtibmas ini kan sangat dinamis,” terang perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Adapun untuk objek pengamanan yang dijadikan sasaran simulasi, sambung dia, yakni Mapolres Purwakarta yang berbeda di Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.

Dikatakan Hery, sebagai bentuk tanggung jawab personil, selanjutnya ploting anggota tersebut dituangkan dalam bentuk surat perintah (Sprin).

“Ini supaya ketika terjadi suatu kejadian, mereka sudah tahu peran dan tanggung jawab masing-masing. Jadi setelah alarm berbunyi, seluruh personel harus segera bergerak cepat menempati check point yang telah ditentukan dan anggota betul-betul mengetahui posisi dan apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Hery mengingatkan kepada semua anggotanya, sebagai personil Polri, setiap individu harus memiliki kesiapan dan kesiagaan prima dalam semua kondisi.

“Kegiatan ini harus dilakukan agar setiap anggota tetap siap siaga, paling tidak ketika terjadi sesuatu hal yang bersifat darurat mereka sudah tau ploting masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga  Kolaborasi Polres Purwakarta dan SPV Dalam Akselerasi Vaksinasi

Sementara itu, ditambahkan olehnya simulasi kontijensi pengamanan Mapolres Purwakarta yang dilaksanakan ini, merupakan gambaran situasi ketika suatu saat terjadinya keributan atau serangan tiba-tiba terhadap Mako.

“Harapan kami dengan simulasi Kontijensi pengamanan Mako ini, personel Polres Purwakarta Kota dapat memahami SOP tentang pengamanan Mako. Latihan ini dalam rangka mempersiapkan personel dalam menghadapi huru hara dan penyerangan fisik yang menyasar Mapolres,” tutup AKBP Suhardi Hery Haryanto. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *