Ragam  

Relawan di Purwakarta Nekat Jaminkan Dirinya Demi Pasien Berhutang Hingga 23 Juta

PURWAKARTA | 15 April 2022. Terhitung dari hari ini, seorang pasien yang tengah dirawat di RSUD Bayu Asih kini telah diperbolehkan pulang, namun karena tidak memiliki kartu jaminan kesehatan terpaksa berhutang sebesar 23 juta rupiah pada pihak Rumah Sakit karena masuk jalur pengobatan umum.

Ading (45) Warga Kampung Warung Jeruk RT 06/03 Desa Warung Jeruk Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta, menjalani pengobatan operasi amputasi tangan dan jari kakinya setelah beberapa waktu lalu tersengat listrik saat bekerja. 

Kejadian bermula saat Ading (45) bekerja di salah satu proyek bangunan Rumah pada 26 Maret 2022 lalu, akibat kejadian tersebut tubuhnya mengalami luka bakar hingga 60% dibagian tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya sehingga Ading harus dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan secara intensif namun tindakan medis yang kemudian mengharuskan kedua tangan Ading di amputasi. 

Sebelumnya, Ading dibawa ke rumah sakit oleh Aktivis Sosial yang menamakan dirinya MRP (Masyarakat Relawan Purwakarta) Ketua MRP yang bernama Kamaludin. Ia bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya, dengan ditemani Penggiat Sosial dari Rumah Peduli Purwakarta bernama Hendro Julianto.

Ketua MRP yang akrab disapa Kamal, nekat menjaminkan dirinya pada pihak RSUD demi kepulangan Ading sang pasien dampingan saat ini. Sementara MRP dan Komunitas Penggiat Sosial lainnya seperti Fossil Social Foundation dan Rumah Peduli Purwakarta kini sedang melakukan aksi galang dana secara online untuk bisa memenuhi kebutuhan hutang pada RSUD Bayu Asih.

Kamal berharap ada upaya pemerintah yang bisa meringankan beban rumah sakit tersebut.

“Ya harusnya ada bantuan dari pihak Desa setempat dan pemerintah lainnya untuk ikut membantu Ading,” tulis dalam pesan singkat WAG relawan.

Baca Juga  Jasa Tirta II Gelar Rapat Koordinasi Sumber Daya Air di Wilayah Kerja PJT II

Ketua Komisi IV DPRD Purwakarta, Said Ali Azmi mendengar hal itu pada sela sela waktunya menyempatkan diri untuk membantu baik darat maupun udara kepada para relawan dan pasien walaupun saat ini cucunya sedang dalam perawatan juga di Rumah Sakit.

“Kami atas nama relawan mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Jimmy dari komisi IV DPRD Purwakarta yang telah membantu relawan dalam mediasi dengan pihak RSUD Bayu Asih untuk mencari solusi, sehingga ada kebijakan dari pihak RSUD memberi jangka waktu semampunya membayar biaya administrasi Ading hingga selesai yang diperkirakan kurang lebih 20 juta,” tambah Kamal.

Lebih lanjut Kamal mengajak untuk meringankan beban yang dialami Ading, agar bisa meneruskan pengobatan secara medis dengan cara melakukan aksi open Donasi secara online.

Bagi yang ingin berdonasi dan membantu bisa langsung transfer ke rekening BCA 2310108041 (a/n Sahril Sidik) dan untuk konfirmasi Donasi bisa hubungi di nomor 0896-2563-4666 (Boriel), tutupnya. (guh/bor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *