Sat Sabhara Polres Purwakarta Cek Kendaraan Dinas Guna Tingkatkan Patroli

PURWAKARTA | Satuan Sabhara Polres Purwakarta mempunyai peran penting dalam menjaga situasi kamtibmas agar aman dan kondusif dengan selalu menjalankan patroli maupun sambang.

Untuk menunjang kegiatan tersebut peran sarana dan prasarana harus selalu siap untuk digunakan khususnya sepeda motor maupun mobil dinas yang setiap hari digunakan.

Guna memastikan kondisi kendaraan siap digunakan pada setiap kesempatan, pemeriksaan kendaraan kedinasan terus rutin dilakukan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto melalui Kasat Sabhara, AKP Asep Kusmana mengatakan kendaraan yang selalu prima harus setiap hari dilaksanakan pengecekan guna perawatan yang lebih optimal.

“Pemeriksaan kali ini meliputi kebersihan dan kelengkapan serta kondisi mesin kendaraan guna memastikan tidak ada kendaraan dinas yang mengalami kendala saat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan sehari hari misalnya patroli, mendatangi TKP ataupun kegiatan Kepolisian lainnya,” ucap Asep, pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Ia menyebut, pengecekan kendaraan sebagai bentuk dukungan tugas operasional jajaran Sat Sabhara Polres Purwakarta dalam mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

“Kendaraan dinas adalah satu perlengkapan yang penting dalam operasional anggota, oleh karenanya kondisi dan performa harus dipastikan dalam keadaan baik,” tutur Asep.

Menurutnya, kendaraan merupakan tampilan dari organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), sehingga secara rutin pemeriksaan kendaraan operasional ini dilakukan 1 bulan sekali.

Ia mengatakan apabila keadaan kendaraan dinas berfungsi dengan baik akan memberikan pengaruh polisi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimana segala tugas dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat tanpa kendala.

“Intinya, jangan sampai tugas polisi terkendala karena kondisi kendaraan dinas yang tidak normal. Itu akan menghambat dan pelayanan masyarakat tidak optimal,” tegas Asep.

Selain melaksanakan pengecekan dan perawatan, kata Asep, personel yang sudah ditunjuk bertanggung jawab akan kebersihan dari masing masing kendaraannya.

Baca Juga  Dandim 0619/Purwakarta bersama Forkopimda Meriahkan Hari Koperasi ke-76

“Hal tersebut sebagai upaya untuk belajar berdisiplin dan tanggung jawab, jangan hanya bisa memakai saja tetapi dapat merawat dan menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima,” pungkasnya. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *