Dandim 0619/Purwakarta Gelar (Binter) Tingkatkan Kegiatan Teritorial Mulai dari Mako Hingga Babinsa

PURWAKARTA | Komando Distrik Militer (Kodim) 0619/Purwakarta, dalam penyelenggaraan program Pembinaan Teritorial (Binter) sesuai harapan dan keinginan Komando atas tahun 2022 yang disampaikan melalui Pangdam III/Siliwangi kepada seluruh jajaran Korem dan Kodim yang berada di bawah Komando Pangdam III/Siliwangi.

Diketahui, Kodim 0619/Purwakarta memiliki produk unggulan diantaranya Tespen Babinsa, Jamer, Drone, Aplikasi Online Penyiraman Kebun, dan Kulkas Portable, di samping itu dibentuknya Desa Pancasila di beberapa Desa di Wilayah Purwakarta sembahan Simbol Bhineka Tunggal Ika dan Toleransi beragama yang harmonis di dalam masyarakat.

Dalam penyelenggaraan Binter tersebut di samping Produk Unggulan dan Program, Kodim 0619/Purwakarta juga memiliki lahan pertanian yang berempat di Desa Darangdan dengan bekerjasama beberapa Kelompok Tani yang ada di wilayah sekitar.

“Penyelenggaraan Binter ini dilakukan oleh Dandim dan Bidang Stafter Kodim secara terprogram, pelaksanaan Binter ini dilakukan secara terencana dan terarah oleh pihak Kodim. Sedangkan pengecekan dalam pelaksanaan Binter dilakukan oleh jajaran Koramil, hingga proses pengecekan evaluasi administrasi,” kata Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan. Sabtu (12/3/2022).

Lebih lanjut, pihaknya juga memberikan apresiasi perihal sinergitas dengan Forkopimda khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta, Dia juga meninjau secara langsung Binter para Babinsa Koramil setempat dalam membina wilayah binaannya masing-masing.

“Pembuatan Desa Pancasila dalam hal ini membutuhkan proses dan dukungan dari Instansi dan dari seluruh kalangan masyarakat dalam membangunnya, mulai desa tertinggal, berkembang, hingga menjadi desa mandiri,” terang Dandim.

Dalam Penjelasan nya Dandim menyampaikan, dengan kerja sama yang baik dan sinergitas antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kodim 0619/Purwakarta, dalam memanfaatkan potensi Desa yang ada di lingkungan tingkat Koramil, hingga peran para Babinsa di wilayahnya binaannya masing-masing.

Baca Juga  Dandim 0619/Purwakarta Tinjau Lokasi Kebakaran Limbah Karet

“Peran para Babinsa dalam kegiatan ini akan mengajak warga masyarakat untuk meningkatkan potensi desa di wilayah binaannya masing-masing supaya perekonomian dapat berkembang hingga menjadi Desa Mandiri,” harapnya.

Sebagai salah satu bentuk perhatian Kodim 0619/Purwakarta menampilkan semua produk unggulan di setiap Koramil jajaran Kodim 0619/Purwakarta di Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon.

Salah satunya, produk unggulan Koramil 1904/Campaka yaitu Aplikasi online penyiraman kebun, yang tanpa harus datang ke lokasi kebun, yang secara otomatis bisa dilakukan melalui Aplikasi (Online).

Sementara itu, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan berharap, semoga dalam pembinaan Teritorial ini bisa memberikan manfaat dan pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat sehingga masyarakat dapat menjadikan dasar pengetahuan dan pengalaman yang nantinya dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *