Ragam  

Jasa Tirta II Terapkan Digitalisasi Bangun Budaya K3

PURWAKARTA | Sadar akan pentingnya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terutama di masa pandemi Covid-19, Jasa Tirta II terus menggalakkan Budaya K3 melalui webinar Bulan K3 Nasional Tahun 2022 membahas Penerapan K3 pada Era Digitalisasi pada 10 Februari 2022. 

Acara diselenggarakan secara virtual bekerjasama dengan Water and Renewable Energy Learning Center (WRE-LC) Jasa Tirta II dan menghadirkan pembicara M. Rusman Noertika General Manager QHSE PT. Waskita Beton Precast, Tbk. 

Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 Jasa Tirta II mengusung tema “Penerapan Digitalisasi dalam Membangun Budaya K3 di Lingkungan Jasa Tirta II”. Penggunaan teknologi digital yang masif saat ini dapat dimanfaatkan untuk mengkampanyekan dan mempercepat dalam membangun budaya K3.

Pemanfaatan teknologi pada penerapan K3 di Perusahaan diharapkan menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Dengan upaya-upaya pengendalian semua potensi bahaya di tempat kerja telah dikendalikan sampai dengan batas standar aman, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga terjadi peningkatan produktivitas

“Di tengah pandemi Covid-19 yang kembali meningkat, Perusahaan harus tetap produktif, kita harus tetap sehat, selamat dan aman dengan tetap menerapkan K3 dan mematuhi protokol kesehatan,”ucap Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso dalam sambutannya pada acara Puncak Peringatan Bulan K3 Nasional Jasa Tirta II pada Kamis, 10 Februari 2022.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Bulan K3 Nasional Jasa Tirta II Tahun 2022 menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan kinerja & peran aktif serta menumbuhkan kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

Menurutnya, semangat bulan K3 harus terus digalakkan dalam rangka membudayakan K3 di seluruh lingkungan kerja. K3 merupakan kunci penting keberhasilan usaha dan perlindungan kerja untuk menciptakan kerja yg aman, sehat, dan kecelakaan kerja nihil.

Baca Juga  Para Penjual Hewan di Pasar Ciwareng Keluhkan Adanya Penjual Hewan di Lahan Perhutani 

Keberhasilan penerapan budaya K3 di lingkungan Perum Jasa Tirta II salah satunya dibuktikan melalui penghargaan K3 kategori Zero Accident untuk PLTA Ir. H. Djuanda selama dua tahun berturut-turut pada Tahun 2020 dan 2021. 

Penghargaan Zero Accident (Kecelakaan Nihil)  diberikan Pemerintah kepada perusahaan yang telah berhasil mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja tanpa menghilangkan waktu kerja.

Selama dua tahun di masa pandemi Covid-19 ini, pola K3 di Jasa Tirta II telah disesuaikan dengan protokol kesehatan mengikuti aturan Pemerintah dan disosialisasikan ke seluruh unit kerja. 

Sementara itu, peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 diisi oleh Upacara  K3, Webinar K3, cerdas cermat K3 dan Donor Darah. Perusahaan memberikan penghargaan kepada 10 karyawan yang telah melakukan kegiatan donor darah sebanyak 25 – 75 kali. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *