Menegaskan Sinergitas, Tatang Gantikan Dasep Jabat Ketua Apdesi Purwakarta

PURWAKARTA | Sesuai dengan Program Nawacita yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, membangun Indonesia dari pedesaan.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta akan memastikan terlaksananya sinergitas dengan jajaran APDESI Purwakarta guna menggerakan perekonomian desa yang sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada acara Penutupan Muscab III DPC APDESI Kabupaten Purwakarta di Prime Plaza Hotel, Kota Bukit Indah, Bungursari, Rabu 09 Februari 2022.

Menurut Ambu Anne, keberadaan APDESI adalah untuk mengangkat harkat martabat kepala desa bersama perangkatnya. Namun disisi lain APDESI juga memiliki kewajiban untuk mendukung program-program pembangunan. Termasuk pembangunan yang saat ini giat dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

“APDESI adalah organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Tatang Taryana sebagai Ketua APDESI Kabupaten Purwakarta, ia meminta dalam melaksanakan tata kelola berkaitan dengan keuangan para Kepala Desa harus sesuai dengan regulasi.

“Pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten harus bersinergi, sehingga dapat mempermudah berkaitan dengan pelaksanaan program pembangunan,” kata Ambu Anne.

Ia berharap keberadaan APDESI kedepan harus tetap bersinergi dengan Pemkab Purwakarta, dengan begitu nantinya dapat mempermudah pembangunan. “Bantu Pemkab Purwakarta agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Tatang Gantikan Dasep Jabat Ketua APDESI Purwakarta

Kepala Desa Dangdeur, Kecamatan Bungursari, Tatang Taryana terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Purwakarta untuk periode 2022-2025. Menggantikan Kades Cikeris, Kecamatan Bojong, Dasep Sopandi. Tatang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang ke-3 DPC APDESI Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga  Muspika Cibatu Berikan Vaksinasi Booster Kepada Karyawan PT Indonesia Victory Garment

Dalam pidatonya, Tatang Taryana mengungkapkan bahwa bersinergi bukan saja dengan internal APDESI tapi juga akan bersinergi dengan Pemda Purwakarta.

Menurutnya, Pemda Purwakarta sendiri sudah seperti kolot sorangan (orang tua sendiri), soal sinergi sudah pasti akan dilakukan. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam tahapan pemilihan ini, termasuk media massa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Tatang juga sedikit memberikan arahan soal tata kelola berkaitan dengan dana desa. Ia mengingatkan, dalam pengelolaan dana desa harus sesuai dengan ketentuan dan aturan.

Kata dia, kejadian yang sebelumnya melibatkan Kades dalam penyalahgunaan dana desa harus dijadikan pelajaran berharga. “Semua dikembalikan kepada para Kades itu sendiri, sebaiknya mengelola keuangan desa harus sesuai aturan,” demikian Tatang. (guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *