Kapolres Purwakarta Berikan Penghargaan Kepada Juara Lomba Poskamling

PURWAKARTA | Aktivitas pos keamanan lingkungan (Poskamling) wujud tanggung jawab masyarakat menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan desa.

Hal itu dikatakan Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto, ketika menyerahkan penghargaan kepada juara lomba Poskamling se Polres Purwakarta, Pada Rabu 19 Januari 2022.

Menurut Pria yang akrab disapa Hery itu, Poskamling adalah sarana komunikasi antara masyarakat dengan Polri dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

“Situasi Kamtibmas yang kondusif sebuah desa bukan hanya tanggung jawab TNI dan Polri saja, namun ada peran aktif dalam masyarakat,” ucapnya.

Melalui lomba poskamling, sambung Kapolres Purwakarta, masyarakat menampilkan bagaimana sistem pengamanan suatu wilayah melalui ronda malam dan penyelesaian masalah.

“Kami berharap apa yang telah diperagakan dan menjadi point plus dalam penilaian lomba bisa diaplikasikan dalam kegiatan ronda sehari-hari,” ungkap Hery

Selain itu, kata dia, lomba Poskamling juga diharapkan dapat merangsang desa lain untuk kembali mengaktifkan kegiatan ronda malam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

Dengan poskamling, lanjut Hery, keamanan dan ketertiban masyarakat, dan kondusifitas daerah akan terbangun. Semua warga harus bersatu padu dan bekerja sama lewat ronda malam yang digelar setiap malam. Langkah itu paling tidak sebagai antisipasi dini aksi kejahatan.

“Kami harap dengan poskamling ini dapat lebih meningkatkan dan menggiatkan kembali siskamling di tiap-tiap lingkungan, sehingga meningkatkan rasa tentram, aman, dan tertib. Keberadaan pos kamling perlu terus dihidupkan guna untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat,” pesan AKBP Suhardi Hery Haryanto.

Diketahui, Juara pertama lomba Poskamling se Polres Purwakarta diraih, Poskamling Raden Merah putih yang berada di Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga  Babinsa Kodim 0619/Purwakarta Bersama Masyarakat Giat Aksi Clean Up

Sementara, untuk Juara 2 diraih Poskamling RT 04/01, Desa Sadarkarya, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Dan Juara ke 3 diraih Poskamling Desa Cipeundeuy, Kecamatan

Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diraih Poskamling Benteng KTJ di Desa Kertajaya, Kecamatan Pasawahan. Juara Harapan 2 Poskamling Ujung Aspal di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru dan Juara Harapan ke 3 Poskamling Gapemcy di Desa Malangnengah, Kecamatan Sukatani. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *