Daerah  

Ketum PDPI Kukuhkan RMK Sebagai Pengurus PDPI DPW Jawa Barat

BANDUNG | Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) Gelar Pengukuhan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2026 yang dilaksanakan di Ruang Meeting Glorious Hotel Fabu Jalan Kebonjati No. 32 Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, (19/12/2021).

Ketum PDPI, Dr. Sutarman, S.T., S.Kom., M.M. didampingi Sekjen PDPI, Dr.Hj. Lina Sukanti, S.E., M.Pd. menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada Raden Minda Kusumah, S.E., M.M. selaku ketua terpilih PDPI Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Jawa Barat.

Raden Minda Kusumah, S.E.,M.Pd. selaku Ketua PDPI DPW Jawa Barat menjelaskan, menurut Pasal 12 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan, bahwa Dosen sebagai anggota civitas akademika memiliki tugas mentransformasikan ilmu pengetahuan dan atau teknologi yang dikuasainya kepada mahasiswa dengan mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran sehingga mahasiswa aktif mengembangkan potensinya.

Dosen sebagai ilmuwan memiliki tugas mengembangkan suatu cabang ilmu pengetahuan dan atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah serta menyebarluaskannya, dan Dosen secara perseorangan atau berkelompok wajib menulis buku ajar atau buku teks yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi dan atau publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar dan untuk mengembangkan budaya akademik serta pembudayaan kegiatan baca tulis bagi civitas akademik, lanjutnya.

“Dengan adanya PDPI DPW Jawa Barat, diharapkan adanya pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi seorang Dosen, baik pengembangan diri, publikasi ilmiah maupun karya inovatif yang dihasilkan Dosen,” kata Raden.

Lebih jelas Raden mengatakan, bahwa kami dari asosiasi profesi Dosen yang bernama Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) akan menjunjung tinggi norma dan nilai sesuai dengan profesi Dosen berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, akan bahu membahu dalam membina, membangun dan menjadi garda terdepan dalam kerjasama baik dengan PTN, PTS dan PTKIS, lembaga swasta dan semua pihak terkait dalam meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan SN-DIKTI dan Standar Internasional Perguruan Tinggi yang berlaku.

Baca Juga  DPD Korps Alumni KNPI Purwakarta Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan

“PDPI akan tetap menjaga independensi dan menjaga integritas organisasinya oleh semua pengurus dan anggota dengan visi dan misi yang dibangun,” jelasnya.

Dengan adanya PDPI DPW Jawa Barat, harap Raden, pengurus dan anggota lebih meningkatkan karyanya dalam meneliti permasalahan yang ada di Provinsi Jawa Barat serta memberikan solusinya kepada pihak yang terkait.

Ditempat, Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) sekaligus Ketua LPM Pascasarjana Universitas Islam Syekh Yusuf, Dr. Sutarman, S.T., S.Kom., M.M., menyampaikan Visi PDPI yaitu “menjadikan Dosen yang unggul dalam riset dan pengabdian yang mampu mengembangkan IPTEK,” terang Ketum.

“Adapun Misi PDPI, menyelenggarakan pembelajaran yang unggul dan bermartabat serta mengembangkan SDM seutuhnya, mengembangkan IPTEK secara Internasional, melaksanakan PKM yang berbasis riset dan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga terkait lainnya,” pungkasnya. (vans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *