Ragam  

Ritual Unik di Desa Cikumpay, Wajibkan Baca Ayat Suci Al-quran dan Shalat Dhuha Sebelum Aktivitas

PURWAKARTA | Cara Ritual Unik yang menyejukan hati dan pikiran serta terpancar aura positif. Salah satu Desa di Purwakarta menerapkan Ritual unik dengan mewajibkan bagi Staf pegawainya untuk melantunkan ayat suci Al-quran dan Shalat Dhuha sebelum pelayanan kepada masyarakat dilaksanakan.

Hj. Rusmiati Kepala Desa Cikumpay Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta, kepala desa terpilih hingga dua periode ini menginstruksikan kepada staf pegawainya untuk membaca ayat suci Al-Quran secara bersama-sama di meja kerja masing-masing dan shalat dhuha sebelum memulai pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, cara unik ini sudah dilakukan dan diterapkan bahkan bisa dikatakan rutin dilaksanakan di masa periode pertama sebagai kepala Desa Cikumpay.

“Sebetulnya di waktu pertama menjabat sudah diterapkan dan sekarang diterapkan kembali ritual penyejuk hati ini. Saya menilai bahwa memulai aktifitas bukan hanya diawali dengan berdoa saja, namun alangkah baiknya dengan membaca ayat suci Al-quran dengan begitu kami merasa lebih tuma’ninah dan yakin saat menjalankan tugas pelayanan kepada warga,” ungkapnya, Senin (22/11/2021).

Selain itu, dengan membaca ayat suci Al-quran dan shalat dhuha itu akan lebih memudahkan segala urusan baik itu urusan diri sendiri maupun urusan orang lain (masyarakat) sehingga ritual ini diterapkan kembali.

“Alhamdulillah, dengan dijalankannya ritual ini hati dan pikiran merasa sejuk dan tenang dan terlihat para staf pegawai lebih fresh dan semangat disaat memberikan pelayanan kepada masyarakat, disamping itu insyaAllah kita akan dijauhkan dari segala bala dan terhindar dari kemungkaran,” terangnya.

Di tempat, Oji Fahroji sebagai Staf Kaur Umum Desa Cikumpay merasa tenang setelah diterapkan kewajiban ini sebelum melayani masyarakat.

“Saya bangga dan sangat mendukung Ibu Rusmiati menerapkan kewajiban membaca Al-quran dan shalat dhuha sebelum melayani masyarakat karena saya merasakan sendiri penuh dengan ketenangan disaat melaksanakan tugas dan fungsi saya,” ringkasnya. (guh)

Baca Juga  Launching Ketahanan Pangan, Pj Kades Jatimekar Bentuk Kelompok Tani dan Gunakan Nutrisi Mikroba P63 Beonk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *