Ragam  

Pelihara Buaya Selama 20 Tahun Sang Pemilik Asal Purwakarta Kebingungan

PURWAKARTA | Seekor buaya peliharaan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta dievakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, pada Sabtu, 20 November 2021, sore.

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, evakuasi buaya berukuran kurang lebih 2,5 meter dengan berat 150 kilogram itu dilakukan karena sang pemilik khawatir hewan peliharaannya bisa membahayakan warga sekitar.

“Pemilik buaya meminta petugas mengevakuasi karena tidak tahu lokasi yang aman untuk melepas liarkan hewan tersebut,” terang Wibi sapaan akrab Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta melalui sambung telepon selulernya, pada Sabtu 20 November 2021.

Menurut Wibi, Buaya itu di pelihara sudah 20 tahun berada di kandang tersebut. Jadi si pemilik kewalahan dan khawatir membahayakan. Pasalnya, hewan reptil tersebut selama ini hanya berada di dalam kandang besar dan tidak pernah dikeluarkan oleh pemiliknya.

“Tidak pernah dilepas, jadi memang buaya peliharaan dan pemilik bingung jika buaya tersebut bertambah besar,” ungkap Wibi.

Lanjut Wibi, buaya itu akhirnya dievakuasi oleh petugas dan rencananya yang akan diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kabupaten Purwakarta ataupun ke tempat penangkaran buaya di Kabupaten Subang untuk perawatan lebih lanjut.

“Saat ini buaya tersebut kami amankan di kantor DPKPB Kabupaten Purwakarta dan rencananya akan kami serahkan ke BKSDA ataupun ke penangkaran buaya di Kabupaten Subang, sehingga buaya tersebut berada di tempatnya yang luas dan aman,” pungkas Wibi. (Red/guh)

Baca Juga  KPU Purwakarta Gelar Uji Publik Rancangan Penataan Dapil Anggota DPRD Pemilu Tahun 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *