Intensitas Curah Hujan Tinggi, Anggota Koramil 1905/Jtl Bersihkan Bantaran Sungai Citarum Harum

PURWAKARTA | Serka Maman S Babinsa Desa Cibinong beserta 5 anggota Koramil 1905/Jatiluhur Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan Giat Satgas Citarum Harum dalam rangka pembersihan bantaran sungai Citarum yang meliputi lokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kecamatan Sukasari, Kecamatan Babakan Cikao dan Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Kegiatan ini dilakukan karena mengingat intensitas curah hujan tinggi, sehingga Satgas Citarum melakukan pembersihan sepanjang sungai citarum mulai dari Kecamatan Jatiluhur hingga Kecamatan Sukatani. Senin (01/11/2021).

Serka Maman S menjelaskan, kami beserta lima dan anggota satgas citarum harum lainnya melaksanakan perawatan sekitar air bantaran sungai dengan membersihkannya dari mulai membersihkan tumbuhan eceng gondok hingga ranting-ranting pohon, rumput yang menjalar dan sampah di permukaan sungai.

“Musim penghujan sudah mulai tampak, jadi Satgas harus bekerja untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai. Kalau sampah-sampah ini tidak segera diangkat maka akan tampak kotor ketika air pasang atau bisa menghambat jalannya air ke anak sungai,” ucapnya.

Menurutnya, satgas harus bekerja dengan maksimal, membersihkan dari sampah-sampah dan ranting-ranting dengan begitu air sungai citarum bisa terlihat indah dipandang.

“Pembersihan bantaran sungai kami lakukan dengan rutinitas per 3 bulan sekali tetapi bila musim penghujan tiba seperti sekarang ini kami bekerja membersihkan secara maksimal agar air tetap bersih bebas dari sampah dan tidak menyebabkan banjir karena tersumbat sampah.” ujarnya.

Selain itu, Satgas Citarum Harum melakukan pelestarian lingkungan dengan menanam pohon disekitar sungai citarum harum guna pencegahan banjir ataupun longsor, karena di musim penghujan ini tanah akan mulai melunak selain cocok untuk penanaman bibit pentingnya menjaga alam dan lingkungan sekitar untuk dimasa yang akan datang.

Serka Maman S menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kondisi sungai citarum harum dengan memeliharanya dan menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar air tetap bersih. Dengan begitu masyarakat juga bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi pesawahan, tutupnya. (Guh)

Baca Juga  Kodim 0619/Purwakarta Peduli Berkah Puasa Ramadhan dengan Berbagi Menu Buka Puasa di Masjid Agung Baing Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *