Kodim 0619 Bersama Forkopimda Salurkan Bantuan Tunai ke 4000 Pedagang Kecil Purwakarta

PURWAKARTA | Kodim 0619/Purwakarta pada hari Sabtu tanggal 09 Oktober 2021 melaksanakan LAUNCHING Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dalam rangka Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19 di Wilayah Kodim 0619/Purwakarta.

Launching Penyaluran Bantuan dilaksanakan secara ketat dengan protokol kesehatan covid-19 dan acara berlangsung bersama dengan Forkopimda yang dihadiri Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kapolres, Ketua DPRD, dan Kepala Kejaksaan Negeri Purwakarta.

Komandan Kodim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan menyampaikan bahwa ini adalah bantuan langsung dari Bapak Presiden, wujud kepedulian dari pemerintah untuk warga masyarakat, bantuan ini untuk membantu para pedagang kecil dalam pemulihan ekonomi senilai Rp. 1.200.000 ribu di masa Pandemi. Sesuai dengan Inmendagri No 27 tahun 2021 masyarakat pada waktu itu ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Darurat Level IV sehingga diberikanlah bantuan ini untuk menunjang penggantian bagi mereka tidak melaksanakan kegiatan perdagangan.

“Total semuanya adalah 4000 pedagang kaki lima dan warung kecil yang tersebar di seluruh kabupaten Purwakarta, yang nanti pembagiannya sampai dengan tanggal 7 November secara bertahap. Hari ini Launching membagikan kepada 500 pedagang kaki lima dan warung selanjutnya secara bertahap per hari sekitar 300 orang,” jelas Dandim 0619.

Lanjut Komandan Kodim 0619 yang akrab disapa Kriz menuturkan bahwa pembagian tunai ini dibagikan oleh Pasiter dengan secara langsung kepada masyarakat sebesar Rp1.200.000. Dan penerima tidak boleh diwakilkan harus penerima sendiri yang mengambil.

“Untuk bantuan pererongnya diberikan 1,200jt secara tunai kepada mereka dan pembagian dibagi jadwal agar tidak terjadi kerumunan bagi masyarakat yang datang ke Kodim,” kata Kriz, saat memberikan keterangan konferensi Pers di Makodim 0619/Purwakarta.

Kriz berharap, bantuan ini bisa menunjang kepada mereka pelaku pedagang kaki lima dan warung khususnya untuk menggerakan roda perekonomian.

Baca Juga  Bupati Purwakarta Kukuhkan Lima Pejabat Administrator dan Pengawas

Sebelumnya, pelaksanaan launching ini sudah melaksanakan kurang lebih satu bulan tahapan verifikasi data dari Kadis Indag kemudian verifikasi ke Polres karena Polres juga menyalurkan dana bantuan ini dan lanjut verifikasi ke BRI sehingga diharapkan tidak ada tumpang tindih, terang Kriz.

“Mereka juga kita sudah minta penerima dengan membuat satu pernyataan bahwa mereka selama ini belum menerima bantuan sehingga tidak terjadi bantuan dobel,” jelasnya.

Kriz pun menambahkan, sehubungan saat ini dalam PPKM level 3 dan vaksinasi belum bisa mencapai angka 70% disiapkan juga tempat stand untuk masyarakat yang belum vaksin.

“Karena ini sedang dalam masa percepatan vaksinasi dan momentum tepat disiapkan tempat bagi mereka yang akan melakukan vaksinasi jadi kita sekalian menjaring masyarakat yang belum vaksin, jadi sekaligus semuanya percepatan ekonomi dapat vaksinasi juga dapat. Dengan menjaring begini mungkin dari 4000 ada sekitar 500 atau 1000 itu kan bagus untuk cakupan vaksinasi di wilayah Purwakarta,’ ungkap Kriz.

Sementara ditempat salah satu warga Kaum Kidul Rt 07/02 Kelurahan Cipaisan bernama Bapak Ada, mengucapkan rasa Syukurnya dan berterimakasih telah mendapatkan bantuan dari Kodim 0619/Purwakarta, yang mana ia bisa terbantukan untuk tambahan modal usahanya yang sedang ia tekuni saat ini.

“Alhamdulillah, sangat membantu bagi pelaku usaha kecil seperti saya, rencananya bantuan ini akan dipergunakan untuk tambahan modal usaha saya jual pakan ayam dan pakan burung serta aksesoris burung. Sekali lagi terimakasih bapak TNI sudah memberikan perhatiannya kepada para pedang kecil, semoga TNI tetap jaya dan selalu terdepan untuk rakyat,” pungkasnya. (Guh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *